Minggu, 17 Agustus 2008

MERDEKA!

17 Agustus 2008,,

Republik Indonesia genap berumur 63 tahun.

hari ini, sekolah gue mengadakan upacara. Bukan untuk yang pertama kalinya gue dalam satu minggu itu harus full ke sekolah. Tahun sebelumnya, pernah ada kegiatan Rotabel yang mengharuskan gue untuk ke skul.

But it's ok.
It's our independence day.
Dan inilah apa yang gue alami hari ini..

Gue bangun jam 5 pagi, dan langsung mandi buat siap-siap ke skul. Seperti yang telah gue katakan sebelumnya, di upacara kali ini gue main alat di PSUMB. Gue harus menggunakan PDH. Enggak lupa gue harus membawa perlengkapan buat TC selanjutnya. Pagi-pagi gue udah kelabakan, gara-gara tiba-tiba pangkat gue menghilang satu. Gue udah hampir menjadi gila, tapi ternyata, itu pangkat jatoh di tas gue sendiri. Bodohnya...

Selanjutnya, gue langsung pergi ke skul. Sampe di skul jam 1/2 6, masih gelap. Tapi gue masuk ajalah ke dalam. Udah ada murid sih. Enggak lama kemudian, anak-anak MB mulai berdatangan, para paskib, dan murid-murid yang lain juga udah pada datang. Tanpa apel, kita mulai pemanasan, itu sekitar jam 6 lewat. Jam 7 kurang, gue udah di giring ke lapangan untuk nge-set tempat. Gue semangat nih! Walaupun gue harus berdiri di hadapan matahari persis, tapi gue merasa itulah view yang bagus untuk menyaksikan ke seluruhan upacara.

Anggota paskib udah baris di sebelah anak MB. Lapangan udah di penuhi sama teman-teman anak IPS yang bertugas (p3K, komandan kelompok, pemimpin upacara, pembawa balon) semuanya udah siap di tempat. Enggak lama kemudian, anak MB disuruh main lagu Hari Merdeka dan Siemper Fidelis karena anak-anak udah mulai masuk, di mulai dari anak SMU. (Gue bingung, padahal waktu itu katanya pas anak SMU masuk, diputerin kaset lagu-lagu perjuangan, baru waktu SMP-SD masuk MB baru main, tapi nyatanya? Gue main juga.. T.T)
Jujur aja, gue agak keberatan, karena mainin lagu-lagu itu diulang-ulang sedikit menguras tenaga gue.

Setelah peserta udah pada masuk, kita istirahat. Ada penampilan TPSU. Oke banget deh! Gue sekarang tau visualisasinya tentang apa karena mereka pake kostum. Waktu puput nyanyi lagu tanah air, gue merinding. Dia nyanyi tanpa musik, tapi bener-bener dihayati banget. Visualisasi oke, tariannya juga oke, dan upacara pun di mulai. Mulai deh disitu, kaki gue terasa sakit, karena dari tadi napak di lantai mulu. Acara demi acara berlalu. Debby bawain pidato yang berkobar-kobar, sampe pada akhirnya pelepasan burung merpati dan balon. Oh God, gue udah mulai kepanasan karena matahari mulai naik dan langsung menyinari muka gue. Udah mana ada anak-anak dokumentasi yang jeprat-jepret sana sini lagi! Argh..

Trus, gue bener-bener mau gila. Gue pengen banget duduk! Gue udah enggak tahan untuk enggak bergerak. Gue curi-curi waktu buat gerak-gerak pas di suruh istirahat dalam barisan. Bodo amet deh, daripada kaki gue beneran enggak bisa digerakkin! Setelah selesai upacara, anak-anak paskib udah dibubarin sama seperti peserta lain. Mereka bahkan udah teriak-teriak, sedangkan KITA ANAK MB... tetap diam di tempat, dan disuruh bermain lagu lagi. Rasanya gue mau gila lagi... Jujur, gue udah enggak mood main saat itu. Di tengah situasi anak-anak lagi pada rame mau masuk ke dalam, gue dan anak MB lain masih disuruh main. Enggak kehitung deh, pagi itu kita main berapa banyak lagu diulang-ulang doang.

Jam 1/2 9, gue baru bener-bener bisa duduk. Gue menarik nafas lega. "Penderitaan" sementara gue berakhir. Masuk ke dalem, langsung buru-buru ganti baju karena mau langsung TC. Temen-temen gue yang lain pada ikutan lomba di skul, bendera kelas gue keren looh..hahaha...dan gue enggak tau kelas gue menang lomba apa enggak. Gue enggak bisa ikutan lomba karena harus TC. Intinya, gue nyampe di tempat TC jam 10 dan langsung TC sampe malem. (overture dan summertime)

Kalimat yang menggambarkan TC kali ini: menyiksa kaki gue.
Gara-gara pagi-paginya gue udah berdiri lama banget, alhasil, makin malem, kaki gue makin sakit. Duduk-membuat kaki gue lebih sakit lagi. Gila, nyiksa banget.
Untungnya TC diselesaikan jam 7 lewat. Briefing, lalu gue langsung pulang.
Beneran deh. TC kali ini nyiksa kaki gue!! Ada adegan muter-muter pas display summertime yang diulang-ulang dengan tempo cepat soanya juga..
Tapi ga apa-apalah, seru.

Yang membuat gue agak kurang gimana: Gue enggak nonton acara 17an di istana negara lewat TV, ataupun acara 17an lainnya di TV, karena gue TC. Upacara 17an di SMU gue yang terakhir telah berakhir dengan sukses...
yah, merupakan salah satu kenangan indah juga sih.. ^^

Tanah airku tidak kulupakan.
Kan terkenang selama hidupku.
Biarpun saya pergi jauh, tak akan hilang dari kalbu.
Tanah ku yang kucintai, engkau kuhargai.

Tidak ada komentar: